Kamis, 30 Agustus 2012

PENGARUH CAHAYA MATAHARI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN CABE



TUGAS  KELOMPOK BIOLOGI
PENGARUH CAHAYA MATAHARI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN CABE




Disusun oleh
KELOMPOK  8, diantaranya :

Dina Rosdiana
Diki Permana
Neng Maya Puspitasari

Fitria Hakim D.P

Andri Gumilar





KELAS  XII IPA - 1







SMA Negeri 1 Cikancung  Jl. Jayadikarta No. 57  Kec. Cikancung  Kab. Bandung
2012/2013








1.    JUDUL
“Pengaruh Cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Cabe Rawir di SMAN 1 Cikancung”

2.    HIPOTESA  ATAU  DUGAAN

Menurut  hipotesa atau dugaan kelompok kami, tanaman cabe yang berada didalam lemari (tanpa cahaya matahari) tumbuh lebih cepat dari pada tanaman cabe yang berada diluar (terkena sinar matahari).


3.                LANDASAN TEORI

Faktor eksternal adalah faktor –faktor yang berasal dari luar tubuh tu tumbuhan yang mempengaruhi pertumbuhannya.faktor  luar tersebut adalah sebagai berikut.
1.CAHAYA/SINAR  MATAHARI
     Tetapi pada kenyataanya,mengapa pertumbuhan tanaman yang cukup sinar matahari lebih lambat jika dibandingkan dengan tanaman yang kekurangan sinar matahari?
     Biji cabe yang tumbuh dari biji dan diletakan di tempat tidak ada sinar matahari(gelap) ternyata akan tumbuh lebih cepat,memiliki daun kecil dan tipis berwarna kekuning-kuningan,batangnya lemah,dan akarnya tidak banyak,sedangkan kecambah yang tumbuh  dari biji dan diletakan di tempat yang ada sinar matahari akan tumbuh  lebih lambat,memiliki daun yang tumbuh di antara kotiledon,cepat menghijau dan tebal,batangnya kuat,dan akarnya banyak.Hal ini terjadi karena pada daun yang  tidak mendapat sinar matahari  akan mengandung air lebih banyak sedangkan zat gulanya lebih sedikit.Akibatnya jumlah jaringan mesofil meningkat  sehingga  daun yang terbentuk menjadi lebih lebar  dan tipis.Adapun pada daun yang mendapat  sinar matahari  akan mengandung sedikit air  dan jumlah gulanya banyak,akibatnya  akan cepat respirasi  dan fotosintesis,sehingga daunnya akan lebih tebal  menghijau ,jaringan palisadenya  berlapis lapis ,lapisan kutikula menebal sehingga terbentuk daun  yang lebih tebal dan sempit ,berwarna hijau.
     Tumbuhan mempynyai respon yang berbeda beda terhadap periode  penyinaran cahaya matahari,ya ng disebut periodisme .
Berdasarkan respon tumbuhan terhadap periode penyinaran ini dapat dibedakan menjadi: tumbuhan berhari pendek,tumbuhan berhari netral dan tumbuhan berhari panjang.
a.                      Tumbuhan berhari pendek
Tumbuhan berhari pendek merupakan tumbuhan yang dapat berbunga ketika periode gelap lebih panjang  dari pada pencahayaan.
Misalnya bunga dahlia,aster,strawberi,krisan.
b.                      Tumbuhan berhari netral
Tumbuhan berhari netral merupakan tumbuhan berbunga yang tidak dipengaruhi oleh lamanya/panjangnya hari penyinaran.Misalnya bunga matahari,mawar dan kipas.
c.                       Tumbuhan berhari panjang                                                             
Tumbuhan berhari panjang merupakan tumbuhan yang berbung ketika periode pencahayaan lebih lama /  panjang daripada periode gelap.Misalnya bayam,kentang,dan gandum.
2.SUHU(Temperatur)
     Setiap proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan selalu dipengaruhi oleh suhu lingkungannya.Agar pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan optimal,maka diperlukan suhu yang ideal yang optimum.Contohnya pertumbuhan jagung berkisar antara 300C-350C.Jika tumbuhan masih mampu melakukan pertumbuhan dan perkembangan pada temperatur rendah disebut temperatur minimum,sebaliknya jika tumbuhan masih mampu tumbuh dan berkembang pada temperatur tertinggi disebut temperatur maksimum.Apabila berada lebih rendah dari temperatur minimum atau lebih tinggi dari temperatur maksimum,maka tumbuhan tersebut akan mati.
3.KELEMBAPAN UDARA
     Kelembapan Udara disekitar sangat berpengaruh terhadap proses pertumbuhan dan perkembangn tanaman tersebut.umumnya tanah dan udara sekitar  yang kurang lembap(airnya cukup) akan sangat baik dan cocok bagi perkembangan dan pertumbuhan tanaman,karena pada  kondisi seperti itu  tanaman menyerap banyak air dan penguapan (transpirasi) air  semakin menurun,sehingga akan  memungkinkan akan terjadinya pertambahan dan perpanjanagan sel-sel untukmencapai ukuran maksimum.tetapi ada jenis tumbuhan  pada proses pertumbuhan dan perkembangan secara optimal  justru   berada pada kondisi  tidak lembap atau kering.contohnya pohon mangga akan bertunas dan bersemi ,bahkan berbuah dan bersemi di musim kemarau yang kurang air.
4.AIR DAN UNSUR HARA TANAH
      Air mutlak diperlukan tumbuhan ,karena didalam hidupnya  tak mungkin tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang tanpa memerlukan air.
Fungsi air pada tumbuhan adalah sebagai berikut.
a.                   Fotosintesis
b.                  Mengedarkan hasil –hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan.
c.                   Sebagai pelarut inti sel dalam proses pertumbuhan dan perkembangan .
d.                  Menentukan proses transportasi unsur hara yang ada didalam tanah.
e.                  Berperan dalam proses metabolisme sel.
Jika tumbuhan kekurangan unsur hara  maka pertumbuhan dan perkembangannya akan mengalami gangguan atau hambatan.
Unsur-insur hara (nutrisi)dalam jumlah yang banyak  yang di butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan disebut unsur makro,misalnya karbon ,oksigen,nitrogen,hidrogen,sulfur,fosfor,kalsium dan magnesium.Adapun unsur yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit disebut unsur mikro,misalnya besi,klor,mangan,boron,seng,tembaga,dan nikel.
5.DERAJAT DAN KESAMAAN/ pH
          Derajat persamaan atau pH tanah sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman.Contohnya tanah yang bersifat asam terhadap tanah padsolik merah kuning (PMK),agar tanaman dapat tumbuh dengan baik  maka jenis tanah ini  ditambahkan  keasaman dengan  pengapuran.     









4.    HASIL PENELITIAN

Kelompok kami mengnalisis dan meneliti dari  tugas biologi, pertumbuhan dan perkembangan tanaman biji cabe, yang ditanam dari hari ke satu sampai dengan hari ke dua belas ,menghasilkan:
Tanaman biji cabe yang ditanam tanpa sinar matahari menghasilkan:
1.    Tanaman tersebut labih cepat tumbuh lebih cepat

2.    memiliki daun kecil dan tipis berwarna kekuning-kuningan .

3.    memiliki batang yang lemah .

4.    Memiliki akar yang banyak

Tanaman biji cabe yang ditanam tersinari matahari,menghasilkan:
1.    Tumbuh lebih lambat

2.    Memiliki daun diantara kotiledon

3.    memiliki daun yang kecil, hijau dan tebal.

4.    Memiliki batang yang kuat

5.    Memilki akar yang banyak karena zat gula lebih sedikit akibatnya jumlahjaringan mesofil meningkat dan menghasilkan daun yang terbentuk lebar dan tipis. 


GAMBAR HASIL PENELITIAN
1.    TANAMAN YANG TERSINARI MATAHARI

 

  




2.    TANAMAN YANG TIDAK TERSINARI MATAHARI



   


5.                PEMBAHASAN

Hormon pertumbuhan
A.Auksin,yaitu senyawa asam asetat dengan gugusan indol dan derivat-derivatnya.pada pertama kali auksin ditemukan pada ujung koleoptil  kecambah  Avena setiva.Auksin berfungsi untuk   :
-     Merangsang perpanjangan sel
-     Merangsang  pembentukan bunga dan buah
-     Merangsang pemanjangan titik tumbuh
-     Mempengaruhi pembengkokan batang
-     Merangsang pembentukan akar lateral
-     Merangsang terjadinya proses diferensisasi
B.giberellin,yaitu hormon yang pertama kali ditemukan pada jamur Giberela fujikoroii yang parasit pada tumbuhan padi oleh kuroshawa.Zat ini berfungsi untuk:
-     Merangsang pemmbelahan sel kambium
-     Merangsang  pembungaan lebih awal sebelum waktunya
-     Merangsang  pembentukan buah tanpa biji
-     Merangsang tanaman tumbuh sangat cepat sehingga mempunyai ukuran raksasa.
C.Sitokinin.hormon yang berfungsi untuk  :
-     Menggiatkan pembelahan sel
-     Mempengaruhi pertumbuhan akar
-     Mempengaruhi  pertumbuhan tunas
D.Hormon Kalin : Hormon ini merangsang pertumbuhan organ tanaman.Ada beberapa macam hormon kalin,yaitu  :
-     Filokalin ,merangsang pertumbuhan daun
-     Kaulokalin,merangsang pertumbuhan batang
-     Rizokalin,merangsang pertumbuhan akar
-     Anthokalin,merangsang pertumbuhan bunga.
E.Asam traumalin  :Hormon ini berperan dalam regenerasi sel.misalnya membantu  menutupnya  luka pada akar  maupun  batang tanaman.
F.Asam absisat(dormin):  zat ini  ditemukan pada biji –bijian dan umbi-umbian yang dorman,daun tumbuhan tertentu,buah-buahan,dan jaringan lain.fungsi dari zat ini adalah  :                                                                              
-     Menghambat perkecambahan biji
-     Mempengaruhi pembungaan tanamam
-     Memperpanjang masa dormasi umbi-umbian
-     Mempengaruhi pucuk tumbuh untuk melakukan dormasi
G.Gas etilin   :Senyawa  ini dapat mempengaruhi proses pematangan buah-buahan,merangsang pengguguran buah dan daun.   



6.    KESIMPULAN

Tanaman yang tumbuh dari biji cabe dan diletakan ditempat yang tidah ada sinar matahari(gelap)ternyata akan tumbuh lebih cepat ,memiliki daun kecil dan tipis berwarna kekuning-kuningan,batangnya lemah dan akarnya tidak banyak.
Sedangkan tanaman yang tumbuh dari biji cabe dan letakan di tanah yang ada sinar matahari  akan tumbuh lebih lambat ,memiliki daun yang tumbuh diantara kotiledon ,cepat menghijau dan tebal ,batangnya kuat dan akarnya banyak.hal ini terjadi karena pada daun yang tidak mendapat sinar matahari akan mengandung air lebih banyak sedangkan zat gula lebih sedikit.Akibatnya jumlah jaringan mesofil  meningkat sehingga daun yang terbentuk menjadi lenih lebar dan tipis.adapun pada daun yang mendapat sinar matahari akan mengandung sediit air dan jumlah gulanya banyak ,akibatnya akan cepat mengdakan respirasi dan fotosintesis ,sengga daunnya menjadi lebih tebal dan menghijau,jaringan palisadenya berlapis-lapis ,lapisan kutikulanya menebal sehingga terbentuk daun yang lebih tebal dan sempit dan berwarna hijau.



























DAFTAR PUSTAKA


B,Albert . 1994 .Biologi  Molekul Sel Edisi Kedua.Jakarta  :PT Gramedia Pustaka Utama  .

Dwijoseputro . 1997 .Pengantar Genetika . Jakarta :Bharata .

Ensiklopedi Sains dan kehidupan  .1997 .Tarity Samudra Berlian  .

Fardiaz,Srikandi  . 1992  .Mikrobiologi Pangan  .Jakarta:PT Gramedia Utama.

Kimball,John W .1989 .Biologi jilid 1 .Jakarta:Erlangga.

Kimballl,John W  .1989  jilid 2  .Jakarta:Erlangga.

Kimball,John W  .1998  Biologi jilid 3  .Jakarta:Erlangga.

Nanin,M.Potensi dan Keberhasilannya dalam bidang Pertanian .Jakarta.PT.Raya Grafindo Persada.

P .Gandon ,franklin,R.Brentn Pennce dan RogerL.M Schell.1991.Fisiologi Tanaman Budidaya.Jakarta:UI Press.

Peter H,reven et al.1986.Biologi Plant.New York:Water Pubhlishees Inc.

Sumo,Usman F.dkk.1985.Prinsip-Prinsip Bioteknologi.Jakarta:Gramedia.

Suryo.1992.Genetika.Yogyakarta:Gajah Mada University Press.

Themawijaya,Meggy.1990.Bioteknilogi,Suatu Revolusi yang baru.Jakarta: Erlangga .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar